Oktober 31, 2020

Ayam Aduan Online

My WordPress Blog

Kutu Ayam Bangkok Aduan Sangat Berbahaya

Kutu Ayam Bangkok Aduan Sangat Berbahaya

Kalau kita berbicara mengenai pengetahuan mengenai dunia ayam, pasti saja tidak pernah akan ada habisnya bukan. Apalagi untuk para pecinta hingga pehobi ayam aduan di Indonesia, segala cara tentu saja dilakukan buat membuat ayam peliharaan-nya sehat dan tentu saja kuat dalam laga sabung ayam. Selain itu, tentu saja ingin melihat ayam tersebut keluar sebagai ayam juara. Hal tersebut tentu saja menjadikan nama dari sang pemilik menjadi terkenal. Namun, untuk menjadi ayam juara tentu nya harus memiliki kualitas yang bisa dikatakan cukup bagus bukan. Sama dengan pembahasan artikel kali ini yang tim Ayam Aduan Online bawakan mengenai Kutu Ayam Bangkok Aduan Sangat Berbahaya. Pembahasan artikel ini tentu saja salah satu faktor penting untuk bisa menilai ayam berkualitas atau tidak buat di arena sabung ayam.

Tentang Kutu Ayam

Kutu atau dikenal masyarakat daerah yaitu gurem, dapat dikategorikan sebagai penyakit yang sangat merugikan. Parasit ini biasanya menyerang dari luar, bahkan diketahui kutu dapat menghabiskan seluruh hidupnya pada tubuh ayam. Tentu saja dapat ber-metamorfosis tidak sempurna yaitu mulai dari telur – nimfa (kutu muda) lalu berkembang menjadi kutu dewasa.

Selama hidupnya, seekor kutu betina diketahui dapat menghasilkan 100 – 300 butir telur loh. Telur kutu tersebut akan diletakkan pada bulu ayam secara bergerombolan sampai menetas menjadi nimfa / kutu muda. Biasanya proses tersebut memakan waktu sekitar 7 hari dan akan menjadi kategori kutu dewasa sekitar 10 – 15 hari.

Hal yang menakutkan dari kutu dewasa ini adalah mampu bertahan hidup selama beberapa bulan apabila tidak ada penanganan dari si pemilik. Namun, juga berada di luar tubuh ayam kutu tersebut hanya bisa bertahan hidup selama 1 minggu saja.

Memang tingkat kematian yang disebabkan oleh kutu ayam bisa di bilang 0%, akan tetapi jika kita biarkan saja tentu sangat berbahaya hingga bisa memberikan efek kerugian buat para peternak ayam aduan loh.

kutu ayam aduan

Efek Samping Kutu Ayam Bangkok Aduan Yang Sangat Berbahaya

  • Pertumbuhan Ayam Bangkok Terhambat

Pertama dari efek samping yang buruk dari kutu ayam bangkok aduan adalah pertumbuhan. Kutu yang melekat pada ayam bangkok aduan tersebut tentu saja mendapatkan makanan dengan cara menghisap darah atau sari makanan dari si ayam tersebut. Oleh sebab itu, ayam bangkok yang terserang kutu dipastikan pertumbuhan akan terhambat bahkan bobot ayam tidak sesuai buat laga sabung ayam.

  • Mudah Terserang Penyakit

Kedua dari efek samping yang buruk dari kutu ayam bangkok ini adalah mudah terserang penyakit. Koq bisa? karena bekas gigitan kutu tersebut juga bisa mengakibatkan iritasi. Apabila dibiarkan saja akan menjadi tempat favorit bakteri atau kuman yang bisa membuat ayam bangkok mudah terserang penyakit lain.

  • Pukulan Menjadi Lemah

Ketiga dari efek samping yang buruk dari kutu ayam ini yaitu pukulan menjadi lemah. Kenapa? karena nutrisi ayam sangat berperan penting buat memiliki pukulan mematikan. Kutu tersebut tentu saja tidak hanya menghisap darah ayam saja, bahkan nutrisi dari ayam jago aduan tersebut juga ikut terhisap. Sangat merugikan bukan buat pecinta ayam aduan di Indonesia?.

  • Nafsu Makan Berkurang

Terakhir dari efek samping yang buruk dari kutu ayam bangkok adalah nafsu makan berkurang. Kalau ayam bangkok aduan yang sudah mengalami nafsu makan yang berkurang, ini bisa menjadi masalah sangat besar buat para peternak ayam aduan. Sama seperti manusia, apabila nafsu makan kita berkurang tentu saja ingin melakukan aktifitas menjadi terbatas bukan?. Nah, ayam aduan yang kekurangan makanan, tentu saja ingin melakukan aktifitas bertarung juga terbatas.

Bagaimana? setelah kita mengetahui efek samping kutu ayam bangkok aduan yang sangat berbahaya ini?. Maka itu, ada beberapa cara untuk penangangan tepat buat ayam jago tersebut.

Artikel Terkait : Pakan Ternak Ayam Aduan Yang Sangat Bergizi

Penanganan Kutu Ayam Bangkok Aduan Yang Sangat Berbahaya

  1. Memakai Tembakau
    Cara ini dapat menyebarkan ranjangan tembakau di dalam kandang, atau bisa dengan gunakan air rendaman tembakau dengan cara disemprot ke kandang. Lebih bagus lagi apabila memakai tembakau yang berwarna hitam pekat berkualitas. Tembakau juga mempunyai manfaat positif apabila ayam sedang cacingan.
  2. Menggunakan Daun Sirih
    Daun sirih juga bisa anda jadikan sebagai obat alami untuk membasmi kutu, caranya hampir sama dengan cara nomor 1 yaitu : ambil 20 lembar daun sirih, kemudian rebus atau rendam dengan air panas. Apabila air bekas rendaman daun sirih sudah dingin, maka air sudah bisa disemprotkan pada tempat yang banyak kutunya. Bahkan bisa dipergunakan buat pada ayam yang terserang kutu juga bisa disemprot sekalian.
  3. Pakai Bengle (Tumbuhan Sejenis Jahe)
    Dengan cara parut bengle, dan diambil airnya disemprotkan lalu cipratkan ke bulu ayam bangkok yang terkena kutu.

Demikianlah artikel diatas yang sudah kami rangkum buat rekan – rekan satu hobi sabung ayam di seluruh Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Terus ikutin informasi, berita hingga tips dan trik lainnya dari www.ayamaduanonline.com. Sekian dan terima kasih banyak atas dukungan beserta kunjungannya.

 4,512 total views,  9 views today